Akhirnya ke Dokter Gigi

Mau cerita pengalaman ke dokter gigi nih :D

Akhirnya ke dokter gigi. Dengan sariawan besar yg sudah mau sembuh, paksain ke dokter gigi. Karena kalo ditunda lagi malah ga jadi aja terus sampai lama lagi..
Seumur hidup belom pernah kan ke dokter gigi buat perawatan gigi gitu (alhamdulillah juga ga pernah sakit gigi). Yang ada dulu pas SD buat cabut gigi doang. Tahun lalu pernah sekali ke dokter gigi tapi cuma konsultasi.
Gue anggap ini pertama kalinya ke dokter gigi. Dulu tuh males ke dokter gigi karena takutnya gigi yang ga bermasalah banget, kaya cuma bolong kecil-kecil, disuruh ditambal. Soalnya kata Mama kalo mau ditambal, gigi yang bolong bakalan diperlebar bolongnya buat isi tambalannya. Makin takut lah tuh. Bukan takut sih, tapi merasa ga rela aja kalo gigi yang bolongnya kecil diperbesar bolongnya. Soalnya bolongnya ga bikin masalah kaya suka nyangkut makanan atau bikin sakit, terus ga tambah parah juga karena rajin sikat gigi. Bolong kecil-kecil itu bawaan pas SD atau SMP yang sikat gigi asal sikat gigi aja.
Tapi sekarang ada satu gigi yang bermasalah, belom sakit tapi bikin kepikiran, yang akhirnya bikin berani juga ke dokter gigi walaupun ga mau pikirin bakal ditambal, lebih dengan mindset "gue mau scaling doang". Tapi pas konsul sama dokter, gue ga bilang mau scaling, langsung kasih tau masalah yang ada dipikiran gue.
Udah tau sih hasilnya, kalo ga ditambal ya dicabut.. si gigi bungsu kiri bawah. Cuma satu ini yang bermasalah. Jadi, antara si bungsu ini dengan gigi sebelahnya ada celah. Gue kira celah itu karena si bungsu ini belom tumbuh sempurna. Jadi gue diemin aja. Dari 2011 sampai dengan kemarin gue akhirnya ke dokter gigi.
Kenapa akhirnya gue mutusin ke dokter gigi? Selain karena celah yang sering bikin makanan nyangkut disitu dan gue merasa si bungsu itu udah bolong gede, ada hal lain juga. Jadi, beberapa bulan lalu gue liat video tentang gigi bungsu yang tumbuh abnormal, misalnya miring. Nah, masuklah dalam pikiran gue, jangan-jangan si bungsu gue ini bukan belum tumbuh sempurna, melainkan tumbuh miring. Benerlah, setelah ke dokter semalam, kata dokter, si bungsu ini tumbunya miring, horizontal. Ga nabrak gigi sebelah sih, jadi ga sakit. Tapi ada celah antara si bungsu ini dengan gigi sebelah yang bikin makanan suka nyangkut disitu. Si bungsu ini akhirnya bolong gara-gara itu. Terus kata dokter, harus dioperasi pengangkatan. Kalo ga diangkat, makanan bakal nyangkut terus disitu dan bukan cuma si gigi bungsu yg bolong, gigi sebelah yg ga kenapa-kenapa nanti akan kena imbasnya, ikutan bolong. Sebelum terjadi, sebelum bengkak, infeksi, dll, mending dioperasi.
Kalo operasi yg bawah, mau ga mau bungsu yg atas harus dicabut. Karna kalo yang bawah udah ga ada, si bungsu atas bakalan turun. Terus yang bawah kan cuma ada gusi, nanti si bungsu atas malah akan "ngunyah" si gusi bawah dan itu bakalan sakit. Ku sedih dengarnya. Padahal yang atas ga salah apa-apa tapi harus ikut pergi huhu..

Terus akhirnya tambal sementara dulu. Operasinya nanti dulu, mehong soalnya. Scaling juga kata dokternya nanti dulu. Ya sudah.


Tambal
Sebelum ditambal, dibersihin dulu kan bolongnya. Terus kata dokternya "ini dibersihin dulu ya. terus ini bolongnya diperbesar sedikit buat ditambal." Kaaaaan bener :'( Karena baru pertama kali, tegang banget pas dibersihin. Terus tambalannya rasa obat ??? Karena belom terbiasa, jadi tambalannya malah kaya makanan nyangkut. Belom nyaman.
Setelah ditambal jangan makan dulu 1 jam ke depan. Kenapa dok, kenapa? Saya datang dari jam setengah 7, belom makan malam, baru masuk ruangan dokter jam setengah 9. Dokter suruh jangan makan dulu 1 jam ke depan??? :'( Yasudahlah, ku bertahan.
Kata dokternya tambalannya bisa sampe 3 bulan. Tapi jangan lama-lama bertahan ga operasi, nanti malah jadi masalah. Okay dok. Liat budget dulu. Karena estimasi budget operasi ku meleset.
Btw, gue sempet tanya sih, kenapa ini (si bungsu tumbuh miring) bisa terjadi. Kata dokter karena rahangnya kurang besar. Dokter yang sebelumnya juga bilang karena mulut gue kecil. Makanya ada yang tumbuh miring dan ada gingsul. Terus gue tanya kan, gimana mencegahnya? Kebetulan ade gue baru mau tumbuh gigi bungsunya. Kata dokter harus dari kecil (maksudnya dari kecil yg kaya SD gitu kayanya, ade gue udah SMA). Apanya yang dari kecil? Dari kecil harus banyak ngunyah, biar rahangnya (terangsang menjadi) besar. Jadi kesimpulannya gue kurang ngunyah pas kecil??? -___-'
Sudah, sekian cerita pengalaman ini. Udah lama ga nulis jadi lumayan mikir juga merangkai kalimat apa ditaro dimana. Terus bahasanya udah ga keruan. Mau pake bahasa baku, tapi udah ga biasa, jadi aneh. Next lah ya. Ada keinginan buat balik blogging. Sekedar nulis-nulis pengalaman atau tuang isi pikiran. Semoga niatnya bulet dan waktunya ada hehe..

See you.

Komentar