Reaksi Penutupan ASIAN GAMES 2018

Jadi, kemaren gue liat Closing Ceremony ASIAN Games 2018 di FX #nobar
Terus, pas Isyana nyanyi ditayanginlah potongan video-video para atlet selama ASIAN Games 2018. Saat itu gue rasanya udah mau nangis aja. Di video itu keliatan banget betapa lelahnya dan kerasnya perjuangan mereka dalam bertanding. Banyak keringat dan air mata yang mengalir disana. Betapa mereka berjuang bagi diri sendiri, bagi negara mereka. Selama dua minggu ini walaupun gue ga bisa nonton langsung di venue, dan hanya beberapa kali nonton pertandingan lewat televisi, tapi emosi mereka, semangat mereka, impian mereka tuh menular ke gue. Gue ga bisa bayangin kalo keluarga gue atau malah gue sendiri yang berjuang disana, mungkin rasa emosionalnya lebih besar berjuta-juta kali lipat. Betapa tekanan terasa begitu besar. Entah tekanan dari luar maupun dari dalam. Rasa haru menyeruak begitu kencang setelah nama para pemenang diumumkan. Sebenarnya, to be fair, mereka semua itu sudah menang. Menang melawan diri sendiri.
Ingin rasanya memberikan selamat kepada mereka satu per satu secara langsung. Memberikan beberapa kata kepada mereka kalau gue bangga banget melihat mereka semua berjuang sekuat tenaga. Gue selalu salut sama atlet-atlet seperti mereka.
Kalau suatu hari ada atlet ASIAN Games 2018 baca tulisan ini (terutama dari Indonesia karena ini dalam bahasa Indonesia), gue cuma mau bilang “KALIAN HEBAT. KALIAN LUAR BIASA. KALIAN MENGINSPIRASI.”
Tapi akhirnya gue ga jadi nangis karna malu cuy, lagi nobar closing ceremony di mall tiba-tiba nangis.
Terus kemaren kan hujan, apa artinya langit pun sedih dengan berakhirnya ASIAN Games 2018 ini?

Komentar