Me & Wardah

Assalamu’alaikum everyone,
Now, I would like to write this post in Bahasa. Seperti yang sudah aku katakan pada post sebelumnya, aku ingin menulis tentang produk Wardah yang aku gunakan.

Oke, tentang Wardah. Wardah adalah salah satu brand kosmetik halal ternama  di Indonesia. Aku sudah sering mendengar namanya sejak kecil, tapi tidak pernah melihatnya. Produk ini berkembang pesat bersamaan dengan berkembangnya dunia per-“hijabers”-an. Brand Ambassador-nya pun adalah wanita-wanita ternama seperti sang desainer muda nan berbakat, Dian Pelangi, Ria Miranda, Zaskia Sungkar dan artis ternama Inneke Koesherawati serta Dewi Sandra.

Aku mulai mengenal produk ini melalui blog dan instagram salah satu brand ambassadornya yaitu Dian Pelangi. Awalnya, aku mengira Wardah hanyalah sebuah produk kosmetik (kecantikan) karena kebanyakan artikel yang dibuat oleh Dian Pelangi lebih banyak memuat informasi tentang kosmetik saja (yang aku lihat).

Kemudian, sekitar dua tahun yang lalu, datang seorang sales woman mengenalkan produk Wardah. Bukan hanya kosmetik, melainkan produk perawatan wajah juga. Aku ingat aku membeli Olive Soft Scrub. Tapi, memang dasarnya saat itu aku malas dalam merawat kulit wajah, setelah beberapa kali pemakaian, sebelum hasilnya dapat terlihat, aku berhenti memakainya.

Tidak lama kemudian, teman sekamar kosku, Alfi, menggunakan Wardah juga. Aku lupa dia memakai apa. Tapi aku menjadi tertarik untuk memakai produk perawatan untuk kulit wajah. Fyi, tipe kulit wajahku: berminyak dan mudah berjerawat (hampir di semua titik: pipi, hidung, dahi, pelipis, dagu). Risih? Pasti. Bikin ga Pe-De? Apalagi.

Sebelum membeli, aku melakukan “riset” terlebih dahulu mengenai produk ini di internet. Aku baca banyak artikel bukan hanya mengenai produk wardah saja tapi juga artikel mengenai perawatan dengan jenis kulit wajah tertentu (khususnya berminyak dan berjerawat). Akhirnya aku tahu bahwa Wardah menyediakan Wardah Acne Series dan menemukan banyak kesamaan dari artikel-artikel mengenai perawatan jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat. Aku akan berbagi mengenai informasi-informasi yang telah aku dapatkan dan aku rasakan sendiri.


1.       Untuk kulit berminyak dan berjerawat, jangan terlalu sering menggunakan pembersih wajah (facial wash) yang bertekstur scrub. Fungsi scrub adalah memancing pelindung alami wajah yang berupa minyak. Jenis kulit wajah berminyak, jika melakukan scrubbing terlalu sering akan semakin berminyak. Minyak yang berlebihan pada wajah akan menjadi tempat menempelnya debu dan kotoran lainnya yang dapat memicu timbulnya jerawat. Kulit berminyak juga perlu scrubbing tapi disarankan hanya 1-2 kali dalam seminggu untuk proses eksofiliasi kulit wajah (mengangkat sel kulit mati) agar wajah tidak kusam.
Pada Wardah Acne Series terdapat produk scrub yaitu “Acne Gentle Scrub”.

2.       Kulit berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembab. Pastikan jenis pelembab yang digunakan adalah tepat. Ada dua jenis pelembab: untuk kulit kering berupa cream dan untuk kulit berminyak berupa gel.
Pada Wardah Acne Series terdapat produk pelembab yaitu “Acne Perfecting Moisturizer Cream” untuk kulit kering dan “Acne Perfecting Moisturizer Gel” untuk kulit berminyak.

3.       Untuk facial wash, disarankan untuk kulit berminyak hanya mencuci wajah maksimal 3 kali dalam sehari. Terlalu sering mencuci wajah walaupun dengan produk perawatan, tetap akan memancing minyak untuk keluar. Aku pernah mengalaminya. Aku mencuci wajah 5 kali sehari setiap sebelum sholat fardhu. Walhasil, bukannya membaik, minyak dan jerawat di wajah semakin bertambah padahal saat itu aku sudah menggunakan Wardah “Acne Cleansing Gel”. Aku mencari informasi lebih banyak lagi di internet dan menemukan artikel yang memberikan informasi tersebut. Memang, setelah mencuci wajah, wajah terasa kering, tapi tidak lama kemudian minyak pada wajah akan menyerang.
Sekarang, aku menggunakan Acne Cleansing Gel secara wajar saja dan puas dengan hasilnya tee-hee!

4.       Jangan biarkan terpampang nyata (ala syahrini) di wajahmu. Jerawat perlu dihilangkan. Bukan dengan memencetnya (sentuh saja jangan) tapi dengan treatment yang tepat. Aku menggunakan Wardah “Acne Treatment Gel”. Gunakan hanya pada titik wajah dengan jerawat yang meradang secara rutin di malam hari sebelum tidur. Kenapa di malam hari dan sebelum tidur? Karena itulah saat yang paling tepat untuk treatment tubuh, terutama wajah. Saat kamu sedang beristirahat, dan sedang berada di dalam ruangan, terhindar dari debu dan kotoran lainnya yang berlebihan. Fyi, saat mengaplikasikan Wardah “Acne Treatment Gel”, area jerawat yang meradang akan terasa gatal. Jangan digaruk. Rasa gatal itu adalah karena reaksi pengobatan. Bikin gregetan, memang :D Pssst, ini produk favorit #1 aku loooh J

5.       Untuk bedak, kulit berminyak disarankan hanya memakai bedak tabur/bubuk. Bedak tabur/bubuk bekerja lebih baik dalam menyerap minyak di wajah. Disarankan untuk tidak menggunakan bedak padat/two way cake karena akan menyumbat pori-pori kulit wajah, membuat kulit sulit bernafas dan memaksa minyak keluar untuk perlindungan alami. Wardah menyediakan “Acne Face Powder”.

6.       Nah, wajah dengan kulit berminyak memiliki pori-pori yang besar. Hal ini memudahkan debu dan kotoran lainnya menumpuk pada pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Kulit berminyak perlu menggunakan Toner, peringkas pori-pori. Pori-pori diringkas, bukan ditutup. Aku pribadi belum menggunakannya (masih terbungkus rapi di kardusnya) karena sejauh ini wajahku tidak mengalami masalah berarti walaupun tidak menggunakan toner. Untuk kamu yang biasa menggunakan toner, Wardah menyediakan “Acne Pore Tightening Toner”.

Nah, keenam produk di atas adalah rangkaian produk Wardah Acne Series.  Produk Wardah lainnya yang aku gunakan adalah Wardah BB Cream SPF 32 in Natural color, Wardah Exclusive Lipstick number 32 dan 48. Oh iya, untuk kulit berminyak dan berjerawat tidak disarankan menggunakan alas bedak/foundation karena akan menutup pori-pori wajah sama seperti bedak padat. BB cream fungsinya sama dengan alas bedak, hanya saja lebih ringan untuk wajah. Aku sendiri baru menggunakannya kurang lebih 3 bulan dan merasa sangat puas dengan hasilnya. Aplikasikan tipis-tipis saja pada wajah. Aku lebih suka melapisi bedak tabur lagi diatasnya. Untuk membersihkan sisa kosmetik pada kulit wajah berminyak, tidak disarankan untuk menggunakan milk cleanser. Untuk membersihkan sisa kosmetik, disarankan menggunakan Wardah Make-up Remover menggunakan kapas.

Rutinitasku dengan Wardah:

Pagi: “Acne Cleansing Gel” (Acne Gentle Scrub 2 kali seminggu), terapi es batu, “Acne Perfecting Moisturizer Gel”, “Wardah BB Cream SPF 32 in Natural color”, bedak tabur, dan “Wardah Exclusive Lipstick” (my daily look).

Malam: “ Wardah Make-up Remover”, “Acne Cleansing Gel”, dan “Acne Treatment Gel”.

Done.

Sejauh ini, hasil pemakaian Wardah Acne Series sangat memuaskan untukku. Makanya aku membuat artikel ini untuk membagi informasi yang aku punya agar bermanfaat untuk kalian para pembaca.

Maunya, setelah ini aku menggunakan Wardah Whitening Series hehe. Fyi, kulit berminyak dan berjerawat disarankan menggunakan Wardah Acne Series. Pastikan kulit wajah sudah "normal" sebelum menggunakan Wardah Whitening Series karena produk Whitening mengandung bahan "aktif" yang tidak bersahabat dengan kulit yang mudah berjerawat.

P.S. Aku lebih suka membeli produk Wardah langsung di counter-nya soalnya bisa sekalian konsultasi sama "mba-mba" Wardahnya. So, untuk informasi lebih lengkapnya, tanya mereka saja :)

P.S.S. Artikel ini aku buat dengan keinginan sendiri dan bukan karena pihak-pihak tertentu. Jika ada kritik dan saran silahkan berikan di kolom komentar di bawah.

Wassalamu'alaikum,
Reni

Komentar

Unknown mengatakan…
Ad tidak produk wardah yang bagus untuk menggantikan wardah perfecting moisturize gel karena sekarang susah mencarinya
Anonim mengatakan…
hallo reni.. aku memakai wardah acne series, setiap malam aku rutin merawat wajahku dengan acne series... dulu aku pagi dan malam selalu rutin pakai wardah acne series tapi kok setiap pagi kalo aku pakai wardah acne series cepat luntur, tidak tahan lama, mukaku kusam,berminyak, tapi nggk jerawatan sih.. jadi aku pakai wardah acne series cuma mau tidur saja.. gimana dong?.. terus sekarang aku mau nyoba wardah hydrating aloe vera gel dengan bb cream everyday kemudian bedak tabur everyday, bole nggk?. minta saran dong
tarii mengatakan…
Kalau berjerawat sesekali dan itu hanya saat mau halangan, apa bisa dibilang kulit berminyak?
Masalah kulitku berpori besar dan berkomedo ajah sih.