Healing Brush Tool

Assalamu'alaikum dear blogger,
kali ini aku akan mem-posting sebuah photoshop tutorial. Sering merasa terganggu saat melihat noda pada wajah di foto kamu? Jerawat, noda hitam, kantung mata, dll? Kalau kamu belum terlalu pandai mengaplikasikan make-up pada wajah kamu untuk menutupi semua masalah itu untuk berfoto, serahkan pada photoshop.
Ya, di era digital ini banyak hal dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi di komputer. Untuk meng-edit foto seseorang misalnya, salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah photoshop. Baik untuk membuat tampilan foto semakin terang, menggabung 2 foto, mengubah bentuk wajah, dll. Memang, dengan begini foto-foto digital yang diunggah ke internet, media sosial khususnya, akan dianggap kurang orisinil. Banyak orang yang melakukan peng-edit-an yang ekstrim terhadap wajahnya atau tubuhnya. Tapi banyak juga yang hanya untuk sekedar memperbaiki pencahayaan, ukuran foto, dll.
Tapi menurutku, lebih baik melakukan peng-edit-an yang ekstrim terhadap wajah di foto menggunakan aplikasi komputer dari pada melakukan operasi plastik hahaha... :D
Oke, kali ini aku tidak akan melakukan peng-edit-an yang ekstrim. Hanya edit untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Yah, aku anggap sebagai pengganti concelear hehe... Di sini, aku menggunakan photoshop 7.0.
1. Buka foto yang akan kamu edit. Klik File > Open.
2. Untuk mempermudah, perbesar foto dengan meng-klik tombol Maximize pada foto. Klik Healing Brush Tool pada Tools window. Untuk memunculkan Tools window, klik Window > Tools.
3. Untuk mengganti ukuran kuas, klik Brush. Biasanya, aku hanya mengganti ukuran kuas pada kotak Diameter dan tidak mengganti yang lainnya (Hardness, Spacing, Angle, Roundness, dan Size).
4. Untuk menyamarkan atau menghilangkan noda pada wajah, ambil sample atau contoh warna untuk menutupi noda tersebut. Gunakan warna yang lebih gelap di sekitar noda. Untuk mengambil sample, tekan tombol Alt dan klik area tersebut.
5. Klik noda pada wajah...
6. dan wallaaa... noda pada wajah pun hilang. Lakukan hal itu terhadap noda lainnya.
7. Ini hasil dari pemakaian "concelear" dengan menggunakan Healing Brush Tool pada photoshop :)
Tidak ekstrim, kan? :D:D:D

P.s. Lately I'm in the mood of making articles in Bahasa hehe...

Wassalamua'laikum,
Reni

Komentar